Pengembangan media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) PowerPoint Berorientasi Multipel Representasi pada materi asam basa

Rosmawati, Nisa (2025) Pengembangan media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) PowerPoint Berorientasi Multipel Representasi pada materi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism (29).pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka (8).pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan media pembelajaran VBA PowerPoint, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan media pembelajaran VBA PowerPoint berorientasi multipel representasi pada materi asam basa. Metode yang digunakan yaitu metode Design Based Research (DBR), dengan tiga tahapan yaitu, analysis, design dan development untuk mendapatkan produk berupa media pembelajaran VBA PowerPoint yang menampilkan teks, gambar dan animasi. Tahapan tersebut meliputi analisis materi asam basa, analisis multipel representasi pada materi asam basa, perancangan media pembelajaran VBA PowerPoint dan pengembangan media pembelajaran VBA PowerPoint. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi dan angket kelayakan. Hasil penelitian yang didapat berupa produk media pembelajaran VBA PowerPoint berorientasi multipel representasi pada materi asam basa dengan hasil uji validasi rerata rhitung 0,79 dan persentase kelayakan 81,118%. Media pembelajaran VBA PowerPoint dinyatakan valid dan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; VBA PowerPoint; multipel representasi; asam basa
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nisa Rosmawati
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:29
Last Modified: 24 Sep 2025 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121652

Actions (login required)

View Item View Item