Koyimah, Ilma Nurmayanti (2025) Pengembangan E-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Keaslian_028 Ilma Nurmayanti (1).pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (48).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
E-modul interaktif berbasis android merupakan media pembelajaran berupa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan e-modul interaktif berbasis android, keterlaksanaan e-modul interaktif berbasis android, dan peningkatan keterampilan literasi sains peserta didik setelah menggunakan e-modul interaktif berbasis android pada materi momentum dam impuls. Penelitian ini menggunakan model R&D dengan metode ADDIE dan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 SMAN Jatinangor sebanyak 36 peserta didik. Instrument penelitian berupa lembar angket validasi ahli media dan materi, disertai keterlaksanaan menggunakan lembar observasi, dan soal literasi sains. Teknik analisis data mencakup perhitungan nilai lembar validasi media dan materi, perolehan nilai lembar observasi, nilai n-gain, dan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai validasi e-modul berbasis android sebesar 86,32% dikategorikan sangat valid, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90% dikategorikan efektif, penggunaan e-modul interaktif berbasis android dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai n-gain 0,86 dikategorikan sedang. Uji hipotesis menunjukkan t hitung 35.9052 dan t tabel 2.0301, disimpulkan terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah diterapkannya e-modul interaktif berbasis android pada materi momentum dan impuls. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan e-modul ini mampu meningkatkan literasi sains peserta didik, khususnya menerapkan hukum momentum dan impuls dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi alternatif inovatif yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik, dan memfasilitasi pembelajaran mandiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul interaktif; android; literasi sains; momentum dan impuls; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ilma Nurmayanti Koyimah |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |