Yanti, Yanti (2018) Penerapan model pembelajaran collaborative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan memiliki kemampuan abad ke-21 yang salah satunya adalah kemampuan memecahkan masalah. Namun, pembelajaran yang dilaksanakan di kelas X MIA 1 SMA Negeri 27 Bandung masih bersifat student center dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum dieksplorasi. Dibutuhkan suatu model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran dan memiliki kemampuan memecahkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana setelah diterapkannya model pembelajaran CPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang peserta didik di kelas X MIA 1 SMA Negeri 27 Bandung. Berdasarkan hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 108,71 lebih besar dari ttabel sebesar 2,045 (thitungg>ttabel) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran collaborative problem solving; kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yanti Yanti |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 06:59 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12171 |
Actions (login required)
View Item |