Nengsih, Dartika (2025) Implementasi pembiasaan mendengarkan asmaul husna terhadap ketenangan emosi: Studi kasus kepada anak berkebutuhan khusus di Rumah Stimulasi Yayasan Living Meaning Center Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiasi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki hambatan baik secara fisik, nonfisik, mental atau intelektualnya. Begitupun dalam emosi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus seringkali tidak stabil menjadikannya sulit mendapatkan ketenangan terhadap emosi yang dimiliki. Untuk mendapat ketenangan tersebut dibutuhkan stimulus agar mereka merespon ketenangan emosi. Salah satu stimulus yang dapat diberikan adalah dengan pembiasaan suatu aktivitas yang berulangkali dilakukan secara teratur pada anak berkebutuhan khusus sehingga menciptakan ketenangan pada emosi seperti dengan pembiasaan dalam mendengarkan asmaul husna. Mendengarkan asmaul husna dengan alunan ataupun suara lembut sehingga memberikan stimulus ketenangan pada bagian otak yang menyebabkan timbulnya kontrol diri yang baik sehingga menimbulkan ketenangan emosi pada diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi emosi anak berkebutuhan khusus, proses pelaksanaan pembiasaan mendengarkan Asmaul Husna, serta peran program tersebut terhadap ketenangan emosi anak di Rumah Stimulasi Yayasan Living Meaning Center Kota Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara triangulasi, dimana gabungan dari teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi, serta pada 7 orang anak berkebutuhan khusus sebagai sampel pada penelitian serta terapis dan pendamping di Rumah Stimulasi Yayasan Living Meaning Center Kota Bandung sebagi informan. Setiap data yang diperoleh, lalu dianalisis dengan cara direduksi, disajikan lalu di ambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa emosi yang timbul anak berkebutuhan khusus di Rumah Stimulasi berbeda-beda pada setiap anak. Emosi yang dominan seringkali timbul ini adalah emosi marah, rasa takut, dan emosi sedih, emosi bahagia, serta emosi cinta. Pembiasaan mendengarkan asmaul husna yang dilakukan di Rumah Stimulasi ini merupakan aktivitas yang termasuk dalam program pembiasaan spiritual keagamaan yang diterapkan di Rumah Stimulasi dengan rangkaian aktivitas yakni, berdoa, memperkenalkan identitas, melaksanakan sholat dhuha, mendengarkan atau melafalkan Asmaul Husna, mendengarkan atau melafalkan surat-surat pendek, al-fatihah, dan khatmil qur’an. Implementasi pembiasaan ini memberikan dampak positif terhadap emosi pada sebagian anak berkebutuhan khusus. Dari 7 anak, terdapat 5 anak yang menunjukan perubahan setelah mengikuti pembiasaan ini, serta 2 anak yang tidak menunjukan perubahan yang terlihat setelah mengikuti pembiasaan ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asmaul Husna; Anak Berkebutuhan Khusus; Ketenangan Emosi |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam > Text of Payers |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Dartika Nengsih |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:37 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |