Muzakkiy, Fadhel (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experiment pada siswa kelas XI SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (33).pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMAN 26 Bandung, Berlandaskan hasil wawancara dan observasi awal peneliti mengenai rendahnya minat belajar siswa pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Masih banyak peserta didik yang minat belajarnya dibawah kriteria. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar diantaranya faktor dari lingkungan, guru, dan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 26 Bandung, membandingkan perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta menganalisis pengaruh media pembelajaan Quizwhizzer dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment melalui desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran Quizwhizzer dan XI-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa di kelas XI-2 SMAN 26 Bandung menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan tingkat ketercapaian pembelajaran sebesar 89% dalam kategori “Sangat Tinggi” serta mampu meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan keterampilan komunikasi siswa. Rata- rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 92 (kategori “Sangat Tinggi”), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 84 (kategori “Tinggi”), dengan standar deviasi masing-masing 3,071 dan 3,824. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Quizwhizzer;Minat Belajar Siswa;Pendidikan Agama islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fadhel Muzakkiy |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |