Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experiment pada siswa kelas XI SMAN 26 Bandung

Muzakkiy, Fadhel (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experiment pada siswa kelas XI SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism (33).pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 26 Bandung, Berlandaskan hasil wawancara dan observasi awal peneliti mengenai rendahnya minat belajar siswa pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Masih banyak peserta didik yang minat belajarnya dibawah kriteria. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar diantaranya faktor dari lingkungan, guru, dan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 26 Bandung, membandingkan perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta menganalisis pengaruh media pembelajaan Quizwhizzer dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment melalui desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran Quizwhizzer dan XI-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa di kelas XI-2 SMAN 26 Bandung menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan tingkat ketercapaian pembelajaran sebesar 89% dalam kategori “Sangat Tinggi” serta mampu meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan keterampilan komunikasi siswa. Rata- rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 92 (kategori “Sangat Tinggi”), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 84 (kategori “Tinggi”), dengan standar deviasi masing-masing 3,071 dan 3,824. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Quizwhizzer;Minat Belajar Siswa;Pendidikan Agama islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadhel Muzakkiy
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:33
Last Modified: 25 Sep 2025 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121814

Actions (login required)

View Item View Item