Nurmayanti, Eka (2013) Penerapan model pembelajaran Leaning Cycle 5E terhadap penguasaan konsep pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sagaranten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (742kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi pencemaran lingkungan serta mengetahui proses keterlaksanaan dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan desain penelitian pre-test and post-test Group. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMA Negeri 1 Sagaranten Sukabumi. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-B dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data utama yang merupakan tes soal pilihan ganda. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis serta data penunjang yang terdiri dari lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 5,33, tes akhir sebesar 71,83, N-Gain sebesar 0,42 dengan kualifikasi sedang, serta hasil rata-rata nilai indikator kognitif untuk tes awal sebesar 49,75 dan tes akhir sebesar 67,13. Tingkat pencapaian penguasaan konsep yang tinggi pada kelas eksperimen memiliki nilai 69,49 pada jenis konsep pencemaran tanah. Sedangkan hasil proses keterlaksanaan siswa yang didapatkan sebesar 3,25 % dengan kualifikasi cukup baik dan respon siswa sebesar 87,00% dengan kualifikasi baik. Hasil uji hipotesis pada tes akhir model pembelajaran Learning Cycle pada materi pencemaran lingkungan diperoleh thitung 5,07 > ttabel 1,69 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pencapaian penguasaan konsep mengalami peningkatan yang signifikan dan tingkat pencapaian penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan lebih baik pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Leaning Cycle 5E; Pencemaran Lingkungan; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Environmental Protection Engineering > Pollution Control and Industrial Sanitation Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:43 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1219 |
Actions (login required)
View Item |