Amal, Ikhlasul (2025) Penerapan model belajar SQ4R (Survey, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
05_BAB 1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
06_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
08_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
07_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
09_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari hasil ujian akhir siswa (uas), dimana masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKTP yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkan model SQ4R pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MIN 1 Kota Bandung 2) proses penerapan model belajar SQ4R di kelas IV pada mata pelajaran akidah Akhlak di setiap siklusnya 3) hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model belajar SQ4R di kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bandung. Model belajar SQ4R merupakan sebuah model belajar untuk mengembangkan kontrol belajar siswa dengan cara membaca materi bahan ajar secara seksama dan cermat. Model ini dilandasi oleh teori belajar kognitif dan behaviorisme Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mix method dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus pada setiap siklus terdapat dua pertemuan. Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Jenis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil 1) hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkannya model SQ4R memperoleh nilai rata-rata 62 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 30% dengan kategori kurang 2) Gambaran penerapan model belajar SQ4R berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dimana pada siklus II pertemuan II terakhir diperoleh persentase 73% dengan kategori baik. 3) hasil belajar setelah menerapkan model belajar SQ4R memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 75 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 69% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 81% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model belajar SQ4R; Hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Akidah Akhlak; metode ptk |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ikhlasul Amal Suryana |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |