Ihsani, Syfa Aulia (2025) Penerapan media lapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (361kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Tirtayasa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dibuktikan melalui hasil pengujian awal yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa jauh dibawah standar ketuntasan minimal yaitu 75 (kelas VA: 42,25 dan kelas VB:46,5). Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa memahami materi secara lebih konkret dan menyenangkan. Dalam proses pembelajaran, guru cenderung hanya mengandalkan buku paket dan media gambar secara terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menggunakan media lapbook dan media gambar, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media lapbook di kelas eksperimen serta mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media lapbook dengan siswa yang menggunakan media gambar. Konsep atau teori yang mendasari dalam penelitian ini bahwa media lapbook merupakan alat bantu pembelajaran berbentuk buku interaktif yang memuat gambar, teks, dan lembar aktivitas yang dapat dilipat seperti jendela. Media gambar merupakan sarana visual yang sering dimanfaatkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran secara lebih menarik dan mudah dipahami. Adapun Hasil belajar merupakan kemampuan yang dicapai siswa setelah melalui proses pembelajaran, yang mencakup perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode Quasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Pada tes tulis untuk dapat mengukur hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40 dapat dikategorikan "kurang baik". Adapun hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan pelakuan (posttest) pada kelas eksperimen adalah 76 dan kelas kontrol adalah 67 dapat dikelompokan sebagai kategori yang “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain persen siswa kelas eksperimen sebesar 61,60 dan kelas kontrol sebesar 44,89, keduanya berada pada kategori sedang. Namun, kelas eksperimen memiliki peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi. Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kedua kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Lapbook, Media Gambar, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syfa Aulia Ihsani |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:41 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |