Rifania, Feby Nur (2025) Pengaruh regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (283kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
Abstract
Bagi beberapa mahasiswa, skripsi dijadikan sebagai ajang penunda-nundaan, yang ditandai dengan mahasiswa merasa enggan untuk mengerjakn skripsi. Perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik disebut sebagai prokrastinasi akademik. Permasalahan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi juga terjadi pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Adapun responden penelitian ini sejumlah 101 mahasiswa yang didapatkan dengan convienience sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji F sebesar 40,299 dan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh simultan antara variabel regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan kontribusi sebesar 45%. Sementara hasil analisis uji T menunjukkan hasil regulasi diri memiliki nilai signifikansi < 0,05 dan nilai koefisien regresi (B) sebesar -1,446 yang artinya terdapat pengaruh negatif regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik secara parsial. Begitu pula variabel dukungan keluarga memiliki nilai signifikansi < 0,05 dan nilai koefisien regresi (B) sebesar -1,391 yang artinya terdapat pengaruh negatif dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik; regulasi diri; dukungan keluarga; mahasiswa |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Feby Nur Rifania |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |