Pengaruh regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi

Rifania, Feby Nur (2025) Pengaruh regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy

Abstract

Bagi beberapa mahasiswa, skripsi dijadikan sebagai ajang penunda-nundaan, yang ditandai dengan mahasiswa merasa enggan untuk mengerjakn skripsi. Perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik disebut sebagai prokrastinasi akademik. Permasalahan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi juga terjadi pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Adapun responden penelitian ini sejumlah 101 mahasiswa yang didapatkan dengan convienience sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji F sebesar 40,299 dan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh simultan antara variabel regulasi diri dan dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan kontribusi sebesar 45%. Sementara hasil analisis uji T menunjukkan hasil regulasi diri memiliki nilai signifikansi < 0,05 dan nilai koefisien regresi (B) sebesar -1,446 yang artinya terdapat pengaruh negatif regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik secara parsial. Begitu pula variabel dukungan keluarga memiliki nilai signifikansi < 0,05 dan nilai koefisien regresi (B) sebesar -1,391 yang artinya terdapat pengaruh negatif dukungan keluarga terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi akademik; regulasi diri; dukungan keluarga; mahasiswa
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Feby Nur Rifania
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:04
Last Modified: 01 Oct 2025 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122634

Actions (login required)

View Item View Item