Mahmudah, Indatul (2025) Pengaruh bimbingan konseling Islami terhadap motivasi beribadah santri berprestasi: Penelitian pada santri berprestasi kelas 4 Tarbiyatul Mu'allimin Wal Mu'allimat Al Islamiyah Pondok Pesantren Albasyariyah 2 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (21).pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiarism (40).pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (4).pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi beribadah merupakan aspek fundamental dalam pembinaan spiritual yang berfungsi menjaga keseimbangan antara pencapaian akademik dan penguatan nilai keagamaan. Namun, dalam praktik pendidikan modern, sering kali terdapat kecenderungan bahwa peserta didik yang berprestasi secara akademik mengalami penurunan konsistensi dalam menjalankan ibadah. Tekanan akademik yang tinggi, tuntutan persaingan, serta rutinitas pembelajaran yang padat dapat menggeser prioritas sehingga motivasi ibadah menjadi kurang optimal. Fenomena ini menimbulkan kesenjangan antara harapan ideal (terbentuknya insan berilmu sekaligus religius) dengan realitas yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan intervensi yang tepat untuk menjaga keseimbangan tersebut, salah satunya melalui penerapan Bimbingan Konseling Islami dengan pendekatan keteladanan (uswatun hasanah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling Islami terhadap motivasi beribadah santri berprestasi di Pondok Pesantren Al-Basyariyah 2 Kabupaten Bandung. Landasan teori penelitian ini merujuk pada Teori Belajar Sosial Albert Bandura, yang menekankan bahwa perilaku terbentuk melalui observasi, modeling, dan interaksi sosial. Teori ini diperkaya dengan konsep Bimbingan Konseling Islami sebagai instrumen pembinaan nilai agama, serta Teori Motivasi Maslow yang menempatkan kebutuhan spiritual sebagai puncak aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi penelitian adalah santri berprestasi dengan sampel sebanyak 30 orang yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur implementasi Bimbingan Konseling Islami dan tingkat motivasi beribadah, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling Islami berpengaruh signifikan terhadap motivasi beribadah santri berprestasi, dengan nilai signifikansi 0,024 (< 0,05). Koefisien regresi sebesar 0,258 dengan β = 0,411 menunjukkan adanya pengaruh positif dengan kekuatan sedang, di mana 16,9% variasi motivasi beribadah dapat dijelaskan oleh Bimbingan Konseling Islami. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Bimbingan Konseling Islami berperan penting dalam memperkuat motivasi beribadah yang pada akhirnya turut mendukung keberhasilan akademik sekaligus pembentukan karakter religius yang seimbang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Islami; Motivasi Beribadah; Santri Berprestasi; Teori Belajar Sosial; Modelling |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Indatul Mahmudah |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:49 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |