Wind energy web untuk meningkatkan literasi energi peserta didik

Rahmat, Rafiqy Tsani (2025) Wind energy web untuk meningkatkan literasi energi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN)
3_Lembar Pernyataan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan efektivitas media Wind Energy Web dalam meningkatkan literasi energi peserta didik pada materi energi angin melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan desain one group pretest-posttest dengan sampel sebanyak 30 peserta didik SMA. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes literasi energi yang mengukur aspek kognitif, afektif, dan behavior. Validasi ahli dilakukan terhadap aspek penyajian, kebahasaan, dan tampilan menyeluruh untuk menentukan kelayakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wind Energy Web layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor validasi ahli 3,67 dari skala 4,00 kategori “Sangat Baik”. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan progres positif dengan aktivitas guru meningkat dari 78% menjadi 85% dan aktivitas peserta didik mencapai 90% berkategori “Baik Sekali”. Peningkatan literasi energi terjadi secara signifikan pada ketiga aspek yang diukur. Aspek kognitif menunjukkan peningkatan dengan nilai N-Gain 0,50 kategori “Cukup” Aspek afektif meningkat dari 71% menjadi 88% respon positif, sedangkan aspek behavior meningkat dari 79% menjadi 88%. Uji paired t-test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 membuktikan peningkatan literasi energi secara signifikan. Kesimpulannya, Wind Energy Web terbukti efektif meningkatkan literasi energi peserta. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dapat menjadi alternatif dalam mendukung pembelajaran energi terbarukan dan pengembangan kesadaran lingkungan di era digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wind Energy Web, Literasi Energi, Problem Based Learning, Media Pembelajaran, Energi Terbarukan.
Subjects: Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rafiqy Tsani Rahmat
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:24
Last Modified: 03 Oct 2025 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122788

Actions (login required)

View Item View Item