Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu kumatalibi.com terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati

Nurkalina, Nia Mimi (2025) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu kumatalibi.com terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau yang dikenal dengan pembelajaran berbasis masalah, model ini menantang peserta didik untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan atau dunia nyata dengan cara bekerjasama di dalam satu kelompok sehingga menghasilkan pembelajaran yang kaya dengan sependapat serta solusi yang lebih konkrit. Di samping itu, adanya penggunaan media Kumatalibi selama proses pembelajaran membantu siswa dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-gain 0,41 dengan kategori sedang. Adapun uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test menunjukkan 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Kumatalibi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Kumatalibi; Problem Based Learning
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurkalina Nia Mimi
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:15
Last Modified: 13 Oct 2025 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123193

Actions (login required)

View Item View Item