Nurkalina, Nia Mimi (2025) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu kumatalibi.com terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau yang dikenal dengan pembelajaran berbasis masalah, model ini menantang peserta didik untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan atau dunia nyata dengan cara bekerjasama di dalam satu kelompok sehingga menghasilkan pembelajaran yang kaya dengan sependapat serta solusi yang lebih konkrit. Di samping itu, adanya penggunaan media Kumatalibi selama proses pembelajaran membantu siswa dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-gain 0,41 dengan kategori sedang. Adapun uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test menunjukkan 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Kumatalibi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Kumatalibi; Problem Based Learning |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurkalina Nia Mimi |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:15 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |