Arlingga, Delfan (2025) Pengaruh kampanye politik calon presiden dan wakil presiden terhadap perilaku politik pemilih pada pemilihan presiden 2024 di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kampanye politik merupakan salah satu instrumen utama dalam proses demokrasi guna mempengaruhi opini dan perilaku politik masyarakat. Namun demikian, tidak semua kampanye politik berhasil membentuk perilaku politik pemilih sesuai harapan kandidat, terutama di wilayah – wilayah dengan karakter sosial dan budaya yang beragam seperti Kecamatan Rancaekek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kampanye politik calon presiden dan wakil prsiden terhadap perilaku politk pemilih pada Pemilu 2024 diKecamatan Rancakeek Kabupaten Bandung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi indikator kampanye mana yang paling signifikan mempengaruhi pemilih serta mengkaji karakteristik pemilih berdasarkan budaya politik yang mereka ikuti. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir yang berlandaskan pada teori komunikasi politik, seperti Two-Step Flow, Uses and Gratifications, serta Elaboration likelihood models. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa kampanye politik yang efektif, baik dari aspek strategi, segmentasi, saluran komunikasi, maupun citra politik, memiliki pengaruh positif terhadap perilaku politik pemilih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melalui survei menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 397 responden dari 114.736 populasi ,yang dipilih menggunakan metode sloving. Analisis data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel – variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye politik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku politik pemilih di Kecamatan Rancaekek. Dari keempat indikator Kampanye politik, saluran komunikasi dan segmentasi menjadi indikator dengan pengaruh yang paling signifikansi terhadap perilaku politik pemilih. Selain itu, mayoritas pemilih di Kecamatan Rancaekek termasuk dalam kategori budaya politikpartisipan,yang aktif terlibat dalam proses politik baik secara langsung maupun melalui mediadigital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye politik yangdisesuaikan dengan karakteristik masyarakat lokal mampu meningkatkan pasrtisipasi dan kesadaran politik pemilih.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kampanye Politik; Perilaku Politik Pemilih; Pemilian Presiden 2024; Pengaruh |
| Subjects: | Political Process Political Process > Election System |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
| Depositing User: | Delfan Arlingga |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:31 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:31 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



