Analisis metode menghafal kitab ra’sun sirah pada siswa Mifathul Ulum : Penelitian Deskriptif Kualitatif di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Sirau

Azzahra, Alifah (2026) Analisis metode menghafal kitab ra’sun sirah pada siswa Mifathul Ulum : Penelitian Deskriptif Kualitatif di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Sirau. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alifah Azzahra Plagiasi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena di Pondok Pesantren Putra Putri Darul ‘Ulum Sirau dikenal memiliki program hafalan beberapa kitab klasik terutama kitab ra’sun sirah. Menariknya, baru-baru ini siswa dari jenjang MI Fathul Ulum mulai mengikuti program tersebut, padahal sebelumnya hanya santri jenjang MTs dan MA yang terlibat. Fenomena ini menimbulkan rasa penasaran penulis terhadap metode menghafal yang diterapkan pada siswa MI yang masih dalam usia dini, namun dituntut untuk belajar mandiri dan menghadapi tantangan hafalan kitab yang tidak ringan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis metode menghafal kitab Ra’sun Sirah pada siswa MI Fathul Ulum, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini sebagai berikut:(1) mendeskripsikan metode menghafal kitab ra’sun sirah pada siswa-siswi MI Fathul Ulum di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, (2) mendeskripsikan proses menghafal kitab ra’sun sirah di MI Fathul Ulum Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal kitab ra’sun sirah pada siswa MI Fathul Ulum di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian deskriptif kualitatif di mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan mewawancarai pembimbing dan siswa MI Fathul Ulum di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Sirau. Kemudian mengumpulkan hasil wawancara dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Dalam hasil penelitian bahwa dapat disimpulkan dalam proses menghafal dari berbagai metode menghafal kitab ra’sun sirah pada siswa MI Fathul Ulum di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Sirau sudah lancar dan cukup menarik. Kemudian hasil dari metode menghafal bahwasannya keempat siswa MI Fathul Ulum lebih menyukai menghafal bersama atau menghafal menggunakan metode lalaran daripada sendiri. Masing-masing dari mereka memiliki faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal kitab ra’sun sirah yang berbeda-beda. Ini menunjukkan bahwa setiap proses menghafal seseorang itu berbeda dengan metode yang mereka gunakan masing-masing agar mencapai target hafalannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode menghafal kitab ra’sun; pembelajaran;
Subjects: Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifah Azzahra
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:07
Last Modified: 13 Oct 2025 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123229

Actions (login required)

View Item View Item