Implementasi model pendidikan inklusif berbasis salawat untuk meningkatkan karakter religius siswa: Penelitian deskriptif di Sekolah Samin Odesa Indonesia Kampung Sekebalingbing Cikadut Kabupaten Bandung

Rusyana, Hakim Adila (2025) Implementasi model pendidikan inklusif berbasis salawat untuk meningkatkan karakter religius siswa: Penelitian deskriptif di Sekolah Samin Odesa Indonesia Kampung Sekebalingbing Cikadut Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abtrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
9-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pendidikan inklusif berbasis salawat dalam meningkatkan karakter religius siswa di Sekolah SAMIN Odesa Indonesia, Kampung Sekebalingbing, Cikadut, Kabupaten Bandung. Pendidikan inklusif memiliki peran penting dalam memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh anak untuk memperoleh pendidikan, terutama di daerah pedesaan yang masih menghadapi keterbatasan akses. Sekolah SAMIN Odesa Indonesia hadir sebagai lembaga pendidikan non-formal yang mengintegrasikan nilai-nilai profetik salawat (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fatonah) dalam pembelajaran. Pendidikan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana peningkatan literasi dasar, tetapi juga sebagai media pembentukan karakter religius siswa. Namun, realitas di Kampung Sekebalingbing Cikadut menunjukan bahwa anak-anak buruh tani dan petani miskin masih menghadapi hambatan berupa rendahnya dukungan orang tua, pengaruh lingkungan, dan keterbatasan sarana belajar. Kondisi tersebut menjadi tantangan yang mendorong penelitian ini untuk menggali implementasi model pendidikan inklusif berbasis salawat di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan pendidikan inklusif berbasis nilai profetik salawat di Sekolah SAMIN Odesa Indonesia. (2) Proses implementasi model pendidikan inklusif berbasis salawat dalam kegiatan belajar (3) Hasil implementasi dalam meningkatkan karakter religius siswa dan (4) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan model pendidikan inklusif berbasis nilai profetik salawat. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir nilai profetik salawat yang diyakini mampu membentuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Berdasarkan kerangka tersebut, penelitian ini berupaya mendeskripsikan bagaimana perencanaan, proses, hasil, serta faktor-faktor yang memengaruhi implementasi pendidikan inklusif berbasis salawat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, memilah data agar mudah dipahami, penyajian data secara visual dan naratif penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran dilaksanakan melalui penyusunan silabus, penerapan metode pembelajaran kreatif, serta pembiasaan ritual salawat. (2) Proses implementasi terdiri dari tiga tahapan, yaitu kegiatan awal (doa, salawat, membaca Al-Qur’an), kegiatan inti (literasi dasar, keterampilan berpikir, praktik gizi dan bertanam), serta kegiatan akhir (penguatan materi, doa, dan salawat) (3) Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan karakter religius yang tercemin pada aspek kognitif berupa pemahaman materi, aspek afektif berupa sikap responsif dan empatik, serta aspek psikomotorik berupa keterampilan dalam praktik dan (4) Faktor-faktor yang berpengaruh mencakup keragaman latar belakang siswa, kompetensi dan integrasi pendidik, penggunaan media pembelajaran, serta dukungan masyarakat. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan inklusif berbasis salawat mampu memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan religiusitas siswa sekaligus membuka harapan baru bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusif; nilai profetik salawat; karakter religius; Sekolah SAMIN Odesa Indonesia; pembelajaran berbasis salawat; pendidikan non-formal
Subjects: Education, Research
Religious Education
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: hakim adila rusyana
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:16
Last Modified: 14 Oct 2025 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123380

Actions (login required)

View Item View Item