Hakim, Fasha (2025) Penerapan model project citizen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan karakter anti korupsi siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunun Djati Bandung.
|
Text
Cover .pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (870kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
![]() |
Text
BAB III (2).pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
![]() |
Text
Lampiran Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di sekolah, yaitu rendahnya hasil belajar kognitif mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas 5 di SDN Bekasi Jaya VII. Dengan perolehan rata-rata nilai kedua kelas 69,50 dari 44 siswa, rata-rata ini masih tergolong kurang memuaskan untuk memenuhi kriteria sangat baik sesuai denganKategori Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Selain itu, karakter anti korupsi siswa dari kedua kelas yang diketahu melalui observasi dan hasil pretest angket karakter anti korupsi juga masuk pada kategori sangat kurang. Hal ini dapat terjadi lantaran penggunaan model pembelajaran di kelas yang kurang optimal, dan terlalu monoton, sehingga rangkaian pembelajaran yang berlangsung tidak melibatkan siswa untuk aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang menggunakan model project citizen dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, serta mengetahui peningkatan karakter anti korupsi siswa kelas eksperimen yang menggunakan model project citizen dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan rancangan no equivalent control group design atau dapat diartikan tanpa proses pengacakan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Bekasi Jaya VII. Sampel yang diambil adalah kelas 5A dan 5B dengan masing-masing kelas berjumlah 22 siswa menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes soal uraian pretest posttest, angket karakter anti korupsi, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diolah menggunakan statistic dengan perhitungan uji t-independent, dan uji N-gain. Hasil penelitian melalui uji N-gain pada hasil belajar kognitif mata pelajaran Pendidikan Pancasila menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol adalah sebesar 0,86 kategori tinggi, sementara rata-rata N-gain yang diperoleh kelas kontrol adalah sebesar 0,63 kategori sedang. Di samping itu uji N-gain karakter anti korupsi siswa menunjukkan perolehan nilairata-rata sebesar 0,67 untuk kelas eksperimen dan 0,55 untuk k elas kontrol.Berdasarkan perolehan tersebut kedua kelas berada di kategori yang sama yaitu kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model project citizen; hasil belajar kognitif; karakter anti korupsi siswa; pendidikan pancasila |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fasha Hakim |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |