Awwaliyah, Hilya Rabi'atul (2025) Pengaruh peran wakil kepala sekolah dalam manajemen kurikulum ganda terhadap kompetensi profesional guru di SMPIT Anni'mah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (1_Cover)
1_Cover.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (2_Abstrak)
2_Abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
image 2.pdf Download (407kB) |
|
|
Text (3_Daftar Isi)
3_Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (4_Bab 1)
4_Bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
![]() |
Text (5_Bab 2)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (6_Bab 3)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (7_Bab 4)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (8_Bab 5)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (9_Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran (71).pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
Abstract
Peran wakil kepala sekolah dan kompetensi profesional guru merupakan dua aspek yang saling memengaruhi keberhasilan lembaga pendidikan, terutama di sekolah yang menerapkan kurikulum ganda, namun praktiknya masih ditemukan ketidakseimbangan, seperti kurangnya koordinasi antar guru, perencanaan pembelajaran yang belum seragam, perbedaan standar evaluasi, serta benturan jadwal mengajar yang menghambat program peningkatan kompetensi. Kajian ini mengacu pada teori Instructional Leadership yang menekankan pentingnya peran wakil kepala sekolah dalam mengarahkan, membimbing, dan mengawasi proses pembelajaran guna meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan mengukur peran wakil kepala sekolah dalam manajemen kurikulum ganda, tingkat kompetensi profesional guru, serta menguji pengaruh peran wakil kepala sekolah tersebut terhadap kompetensi profesional guru di SMP Islam Terpadu Anni’mah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan positivisme, yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel secara objektif, sekaligus memberi Keputusan berdasarkan data. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 30 guru dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi, regresi linear sederhana, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peran wakil kepala sekolah dalam manajemen kurikulum ganda terhadap kompetensi profesional guru, dengan koefisien regresi 0,756 yang masuk dalam kategori “kuat”, artinya Semakin optimal peran wakil kepala sekolah seperti mengoordinasikan kurikulum, supervisi pembelajaran, dan pemantauan hasil belajar, semakin meningkat kompetensi guru dalam penguasaan materi, kemampuan pedagogik, dan pengembangan profesi. Nilai signifikansi 0,001<0,05 dan t-hitung 3,541 > t-tabel 1,701 menunjukkan pengaruh ini signifikan secara statistik, sehingga hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinasi sebesar 30,9% mengindikasikan peran wakil kepala sekolah menjelaskan sekitar 31% variasi kompetensi guru, sedangkan 69,1% sisanya dipengaruhi faktor lain seperti kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, motivasi, keterampilan komunikasi, serta sarana dan prasarana pendukung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wakil Kepala Sekolah; Manajemen Kurikulum Ganda; Kompetensi Profesional Guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Curricula General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hilya Rabi Atul Awwaliah |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |