Muhamad, Rafi (2025) Peran bimbingan dan konseling Islam dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan ibadah sholat berjamaah : Studi deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ikhlas Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER .pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (LEMBAR PERTANYAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Al-Ikhlas, Kota Bekasi, Di SMP IT Al-Ikhlas Kota Bekasi. Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan akhlak siswa yakni pergeseran moral. Di SMP IT Al-Ikhlas Kota Bekasi, guru BK menerapkan bimbingan konseling Islam dengan pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah yang tidak hanya melatih kedisiplinan, tetapi juga menanamkan nilai spiritual dan moral. Program ini terbukti berdampak positif terhadap pembentukan akhlak siswa melalui kolaborasi guru BK, guru agama, dan wali kelas. Penelitian ini mengkaji peran bimbingan konseling Islam dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SMP IT Al-Ikhlas Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak pembiasaan shalat berjamaah terhadap akhlah terpuji melalui pembiasaan shalat berjmaah serta hasil dan evaluasi. Guru BK memainkan peran sebagai teladan, pembimbing, dan fasilitator dalam kegiatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kehidupan siswa. dengan tujuan untuk mengkaji peran guru Bimbingan dan Konseling Islam dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan salat berjamaah, mengidentifikasi dampaknya, serta menganalisis hasil dan evaluasi program yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru BK, observasi kegiatan, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Mara (2021:3), beliau mengartikan bahwa guru BK bukan sebagai fasilitator, tetapi juga menjalankan fungsi sebagai penasihat, guru, dan konsultan yang membimbing siswa hingga mampu menyelesaikan permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK tidak hanya menjalankan fungsi administratif dan konseling individu, tetapi juga berperan aktif sebagai pembimbing, teladan, motivator, dan fasilitator dalam proses pembentukan karakter siswa. Peran tersebut diwujudkan melalui kegiatan salat berjamaah yang dilakukan secara konsisten dan penuh keteladanan. Pembiasaan ini memberikan dampak positif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji, seperti ketaatan, kedisiplinan, kesabaran, serta kepedulian sosial siswa. Evaluasi terhadap program menunjukkan bahwa pelaksanaannya berjalan efektif dan konsisten melalui kombinasi bimbingan kelompok dan konseling individu, sehingga mampu membentuk siswa yang tidak hanya taat secara spiritual, tetapi juga memiliki karakter mulia dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru BK; Akhlak Terpuji; Shalat Berjamaah |
| Subjects: | Islam > Serial Publications of Islam Islam > Pillars of Islam Islam > Islamic Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
| Depositing User: | Muhamad Rafi |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:04 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:04 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



