Mulyani, Sri Siti (2018) Penerapan model pembelajaran co-op melalui media flashcard pengaruhnya terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam sujud: penelitian di kelas VIII MTS Baitul Arqom. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di MTS Baitul Arqom Ciparay Lemburawi Kecamatan Pacetv Kabupaten Bandung dari hasil wawancara dan dari hasil pengamatan pada kelas VIII MTS Baitul Arqom menunjukan bahwa pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih materi macam-macam sujud masih kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelaran berkelompok dan kurangnya inovasi dalam mengelola media pembelajaran. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran co-op co-op melalui media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) penerapan model pembelajaran co-op co-op melalui media flashcard pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam sujud di kelas VIII MTS Baitul Arqom. (b) mengetahui pemahaman siswa kelas VIII MTS Baitul Arqom pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam sujud. (c) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran co-op co-op melalui media flashcard terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam sujud di kelas VIII MTS Baitul Arqom. Kajian teoritik pembelajaran fiqih materi macam-macam sujud bukan hanya menekankan pada pengertian konsep-konsep saja, tetapi ditekankan juga pada pemahaman siswa yang akan membantu mereka untuk mengaplikasikan materi yang telah dipelajari pada kehidupan sehari-hari. Maka penulis berasumsi bahwa penerapan model pembelajaran co-op co-op melalui media flashcard dapat berpengaruh terhadap pemahaman siswa, karena model pembelajaran co-op co-op ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman yang lainya serta dengan adanya media flashcard ini mempermudah siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan objek penelitian dilakukan di kelas VIII MTS VBaitul Arqom sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari angket, tes, dan wawancara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Co-op Co-op; Media Flashcard; Pemahaman Siswa; Mata Pelajaran Fiqih |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sri Siti Mulyani |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 07:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12404 |
Actions (login required)
View Item |