Dewi, Rahmawati (2025) Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Penerimaan Diri siswa SMA dengan Self -Esteem sebagai variable Mediator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (BEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan diri pada siswa SMA serta menguji peran self-esteem sebagai variabel mediator dalam hubungan tersebut. Penelitian ini melibatkan 172 siswa SMA disalah satu sekolah yang teletak di Kota Bandung yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan mencakup skala kepercayaan diri (lauster), sekala self-esteem (Coopersmith), dan skala penerimaan diri (Berger). Analisis data dilakukan dengan metode analisis jalur (path analysis) menggunakan PROCESS Macro by Andrew F. Hayes. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap self-esteem (jalur a = 0.7934, P < 0.001), dan self-esteem berpengaruh signifikan terhadap penerimaan diri (jalur b = 0.3957, P < 0.001). Selain itu, kepercayaan diri juga memiliki pengaruh langsung terhadap penerimaan diri (jalur c’ = 0.1339, P = 0.0140). Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa selfesteem memediasi secara signifikan antara pengaruh kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan efek tidak langsung sebesar 0.3139 dan interval kepercayaan (BootLLCI = 0.2107; BootULCI = 0.4258), yang tidak mencakup nilai nol, sehingga menunjukkan mediasi yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa self-esteem memiliki peran penting dalam memperkuat pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan diri siswa SMA.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri; self-esteem; penerimaan diri; siswa sekolah menengah atas (SMA); remaja |
| Subjects: | The Self |
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
| Depositing User: | Rahmawati Dewi |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:06 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:28 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



