Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Penerimaan Diri siswa SMA dengan Self -Esteem sebagai variable Mediator

Dewi, Rahmawati (2025) Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Penerimaan Diri siswa SMA dengan Self -Esteem sebagai variable Mediator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan diri pada siswa SMA serta menguji peran self-esteem sebagai variabel mediator dalam hubungan tersebut. Penelitian ini melibatkan 172 siswa SMA disalah satu sekolah yang teletak di Kota Bandung yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan mencakup skala kepercayaan diri (lauster), sekala self-esteem (Coopersmith), dan skala penerimaan diri (Berger). Analisis data dilakukan dengan metode analisis jalur (path analysis) menggunakan PROCESS Macro by Andrew F. Hayes. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap self-esteem (jalur a = 0.7934, P < 0.001), dan self-esteem berpengaruh signifikan terhadap penerimaan diri (jalur b = 0.3957, P < 0.001). Selain itu, kepercayaan diri juga memiliki pengaruh langsung terhadap penerimaan diri (jalur c’ = 0.1339, P = 0.0140). Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa selfesteem memediasi secara signifikan antara pengaruh kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan efek tidak langsung sebesar 0.3139 dan interval kepercayaan (BootLLCI = 0.2107; BootULCI = 0.4258), yang tidak mencakup nilai nol, sehingga menunjukkan mediasi yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa self-esteem memiliki peran penting dalam memperkuat pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan diri siswa SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri; self-esteem; penerimaan diri; siswa sekolah menengah atas (SMA); remaja
Subjects: The Self
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rahmawati Dewi
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:06
Last Modified: 10 Nov 2025 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124746

Actions (login required)

View Item View Item