Tanggapan siswa terhadap penerapan metode keteladanan hubungannya dengan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian korelasional pada siswa kelas IX SMPN 2 Sukaresmi kabupaten Cianjur

Mansur, Firli Maulana (2025) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode keteladanan hubungannya dengan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian korelasional pada siswa kelas IX SMPN 2 Sukaresmi kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa meskipun Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam hal kedisiplinan, namun praktik di lapangan menunjukkan bahwa nilai-nilai keislaman seperti disiplin belum sepenuhnya terinternalisasi dalam perilaku siswa. Fenomena seperti keterlambatan masuk kelas, pelanggaran tata tertib, dan kurangnya tanggung jawab masih banyak ditemui. Metode keteladanan, yang menekankan pada pemberian contoh nyata oleh guru dalam sikap dan tindakan sehari-hari, dipandang sebagai pendekatan yang tepat untuk membentuk sikap disiplin siswa secara afektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tanggapan siswa terhadap penerapan metode keteladanan pada mata pelajaran PAI; 2) sikap disiplin siswa kelas IX SMPN 2 Sukaresmi Kabupaten Cianjur pada mata pelajaran PAI; 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode keteladanan dengan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IX SMPN 2 Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir Albert Bandura dalam teori pembelajaran sosial yang menekankan bahwa individu belajar melalui observasi dan peniruan terhadap figur yang dianggap kredibel. Guru yang menunjukkan sikap disiplin menjadi model bagi siswa, sehingga hipotesis penelitian ini adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap metode keteladanan, maka semakin tinggi sikap disiplin mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode keteladanan dan sikap disiplin siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert sebagai instrumen utama, serta dilengkapi dengan observasi sebagai data pendukung. Analisis data mencakup uji normalitas dan linearitas untuk memenuhi asumsi statistik, dilanjutkan dengan uji korelasi Pearson guna mengetahui tingkat hubungan antarvariabel. Seluruh proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tanggapan siswa terhadap penerapan metode ketelad1anan termasuk kedalam kategori baik, dengan skor rata-rata 3,95 berada pada interval 3,40-4,19; 2) sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kedalam kategori baik, dengan skor rata-rata skor 3,92 berada pada interval 3,40-4,19; 3) hail uji korelasi pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,554 dan signifikansi 0,000 yang ada pada interval 0,40-0,60 yang termasuk kategori cukup besarnya pengaruh variabel X terhadap Y 30,6% dan sisanya 69,4% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian, semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan metode keteladanan yang dilakukan guru, maka semakin tinggi pula sikap disiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firli Maulana Mansur
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:06
Last Modified: 07 Nov 2025 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125164

Actions (login required)

View Item View Item