Adistie, Nandhita Syfa (2025) Pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment (SOLE) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment, desain non-equivalent control group, serta teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen diperoleh kinerja guru sebesar 99,02% (kategori sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 98,47% (kategori sangat baik). Pada kelas kontrol, keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kinerja guru sebesar 98,23% (kategori sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 98,23% (kategori sangat baik). Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan melalui nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,52 (kategori sedang). Uji hipotesis menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Selain itu, respon peserta didik terhadap model SOLE juga sangat positif dengan skor 91,78 (kategori sangat baik), sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 87,28 (kategori sangat baik). Implikasi penggunaan model pembelajaran SOLE dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis; model Self Organized Learning Enviroment; perubahan lingkungan |
| Subjects: | Education Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Nandhita Syfa Adistie |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:55 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:55 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



