Pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment (SOLE) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan

Adistie, Nandhita Syfa (2025) Pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment (SOLE) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment, desain non-equivalent control group, serta teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen diperoleh kinerja guru sebesar 99,02% (kategori sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 98,47% (kategori sangat baik). Pada kelas kontrol, keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kinerja guru sebesar 98,23% (kategori sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 98,23% (kategori sangat baik). Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan melalui nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,52 (kategori sedang). Uji hipotesis menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Selain itu, respon peserta didik terhadap model SOLE juga sangat positif dengan skor 91,78 (kategori sangat baik), sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 87,28 (kategori sangat baik). Implikasi penggunaan model pembelajaran SOLE dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; model Self Organized Learning Enviroment; perubahan lingkungan
Subjects: Education
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nandhita Syfa Adistie
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:55
Last Modified: 11 Nov 2025 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125314

Actions (login required)

View Item View Item