Pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi titrasi permanganometri: Analisis kadar besi dalam air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Lathifah, Luthfi Andani (2025) Pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi titrasi permanganometri: Analisis kadar besi dalam air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.PDF

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.PDF

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.PDF

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.PDF

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.PDF

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran kimia. Namun, hasil survei PISA menunjukkan bahwa capaian sains siswa Indonesia masih rendah, yang menandakan perlunya inovasi pembelajaran yang mampu menghubungkan konsep teoretis dengan penerapa dalam kehidupan nyata dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses menemukan pengetahuan secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa dalam menyelesaikan lembar kerja, serta menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi titrasi permanganometri melalui analisis kadar besi dalam air dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pretest–posttest. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, tes kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest), serta penilaian presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong sangat baik, ditandai dengan keaktifan dalam berdiskusi, kerja sama kelompok yang optimal, serta kemampuan mengemukakan ide dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil percobaan. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja juga berada pada kategori sangat baik. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Secara keseluruhan, penerapan model inkuiri terbimbing pada materi titrasi permanganometri efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Inkuiri Terbimbing; Titrasi Permanganometri
Subjects: Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Analytical Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Luthfi Andani Lathhifah
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:16
Last Modified: 19 Nov 2025 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125504

Actions (login required)

View Item View Item