Desain pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif pada produk fermentasi karbohidrat

Hanny, Hadianty (2025) Desain pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif pada produk fermentasi karbohidrat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas desain pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) guna meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi produk fermentasi karbohidrat di SMPN 1 Cimaung. Latar belakangnya didasaPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas desain pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) guna meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi produk fermentasi karbohidrat di SMPN 1 Cimaung. Latar belakangnya didasari oleh urgensi pemahaman konsep halal dalam industri pangan modern dan kebutuhan untuk memperkuat keterampilan abad ke-21. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Untuk mengukur peningkatan kemampuan, diterapkan desain quasi-experiment dengan one group pretest-posttest. Instrumen penelitian divalidasi dan meliputi tes literasi halal serta tes keterampilan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis dan menghitung besaran peningkatan (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua variabel setelah implementasi PjBL. Pada literasi halal, nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (<0.05) membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest (70.35) dan posttest (97.72). Peningkatan substansial juga terlihat pada keterampilan berpikir kreatif, dengan rata-rata skor meningkat dari (60.7) (pretest) menjadi (8.6) (posttest). Secara spesifik, indikator berpikir luwes meningkat drastis dari (44.5) menjadi (86), dan berpikir orisinal dari (76) menjadi (86). Peningkatan ini berada dalam kategori tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa desain PjBL yang dikembangkan berhasil dalam menumbuhkan pemahaman konseptual literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif secara terpadu. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa desain PjBL ini adalah model pembelajaran inovatif dan efektif yang layak diimplementasikan secara luas dalam kurikulum Sains dan Pendidikan Islam. Desain ini direkomendasikan sebagai strategi ampuh untuk mengintegrasikan nilai kehalalan dengan keterampilan abad ke-21, membentuk peserta didik yang kritis, kreatif, dan siap menghadapi tantangan industri halal global. ri oleh urgensi pemahaman konsep halal dalam industri pangan modern dan kebutuhan untuk memperkuat keterampilan abad ke-21. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Untuk mengukur peningkatan kemampuan, diterapkan desain quasi-experiment dengan one group pretest-posttest. Instrumen penelitian divalidasi dan meliputi tes literasi halal serta tes keterampilan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis dan menghitung besaran peningkatan (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua variabel setelah implementasi PjBL. Pada literasi halal, nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (<0.05) membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest (70.35) dan posttest (97.72). Peningkatan substansial juga terlihat pada keterampilan berpikir kreatif, dengan rata-rata skor meningkat dari (60.7) (pretest) menjadi (8.6) (posttest). Secara spesifik, indikator berpikir luwes meningkat drastis dari (44.5) menjadi (86), dan berpikir orisinal dari (76) menjadi (86). Peningkatan ini berada dalam kategori tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa desain PjBL yang dikembangkan berhasil dalam menumbuhkan pemahaman konseptual literasi halal dan keterampilan berpikir kreatif secara terpadu. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa desain PjBL ini adalah model pembelajaran inovatif dan efektif yang layak diimplementasikan secara luas dalam kurikulum Sains dan Pendidikan Islam. Desain ini direkomendasikan sebagai strategi ampuh untuk mengintegrasikan nilai kehalalan dengan keterampilan abad ke-21, membentuk peserta didik yang kritis, kreatif, dan siap menghadapi tantangan industri halal global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fermentasi Karbohidrat; Keterampilan Berpikir Kreatif; Literasi Halal; Pembelajaran Berbasis proyek
Subjects: Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Hanny Hadianty Hadianty
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:28
Last Modified: 18 Nov 2025 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125612

Actions (login required)

View Item View Item