Penerapan metode Team Games Tournament (TGT) berbasis website Wordwall dalam meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran dan Hadits di MTs Nurul Falah Kota Cimahi

Algifari, Muhaemin (2025) Penerapan metode Team Games Tournament (TGT) berbasis website Wordwall dalam meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran dan Hadits di MTs Nurul Falah Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Bebas Plagiasi.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kreativitas belajar siswa yang masih menjadi tantangan dalam pendidikan di Indonesia. Kondisi ini terlihat dari rendahnya motivasi, partisipasi, dan kemampuan berpikir kreatif siswa, termasuk di MTs Nurul Falah Kota Cimahi. Pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits, siswa menunjukkan minat belajar yang rendah serta kurang kreatif dalam memahami dan mengaplikasikan materi. Meskipun guru telah berupaya melalui pengulangan bacaan, pendampingan intensif, dan evaluasi setiap bab, masih banyak siswa yang pasif dan kurang mampu berpikir kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) proses penerapan Metode pembelajaran Team Games Tournament berbasis website Wordwall pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, 2) pengaruh metode pembelajaran Team Games Tournament berbasis Website Wordwall terhadap minat belajar siswa, 3) pengaruh metode pembelajaran Team Games Tournament berbasis Website Wordwall terhadap kreativitas belajar siswa, 4) seberapa besar perubahan penerapan metode pembelajaran Team Games Tournament berbasis Website Wordwall terhadap minat dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Nurul Falah Kota Cimahi. Penelitian ini didasari oleh Edwar L. Deci mengenai indikator minat belajar siswa, J.P. Guilford mengenai kreativitas belajar siswa, kemudian TGT oleh David De Vries dan Keith Edwards. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimental Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttest Design dan sampel purposive sampling yaitu kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII D). Analisi data menggunakan Independent 2-Sample T-Test menggunakan SPSS 26. Hasil dari penelitian menunjukkan 1) Metode TGT berbasis media digital menciptakan suasana belajar yang aktif, kolaboratif, dan menantang, sehingga mampu meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran, 2) Penerapan metode TGT berbasis website Wordwall efektif meningkatkan minat belajar siswa, terbukti dari kenaikan skor rata-rata dari 66,87 (sedang) menjadi 90,87 (sangat tinggi). Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara aktivitas kelompok dan media interaktif mampu menarik perhatian siswa serta menumbuhkan rasa senang dan ketertarikan terhadap pelajaran, 3) Pengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, dengan peningkatan skor rata-rata dari 98,18 (sedang) menjadi 130,02 (sangat tinggi). Kegiatan belajar yang melibatkan unsur permainan digital dapat mendorong siswa untuk berpikir lebih fleksibel, menemukan ide baru, serta mengekspresikan pemahaman mereka dengan cara yang lebih kreatif, 4) Hasil uji statistik menunjukkan (nilai sig. < 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa inovasi pembelajaran TGT berbasis Website Wordwall mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa di era modern, dibandingkan metode tradisional yang cenderung monoton dan berpusat pada guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Games Tournament; Minat Belajar Siswa, Kreativitas Belajar Siswa; Website Wordwall
Subjects: Religious Education
Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhaemin Algifari
Date Deposited: 20 Nov 2025 06:52
Last Modified: 20 Nov 2025 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125714

Actions (login required)

View Item View Item