Faujiah, Millah (2025) Pengaruh media Youtube terhadap keterampilan mufradat bahasa arab siswa fase A MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI..pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakang dengan permasalahan banyaknya siswa yang belum mampu menguasai mufradat bahasa arab dengan baik, hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media youtube terhadap keterampilan mufradat bahasa arab siswa fase A kelas II MI. Mufradat merupakan hal mendasar untuk mempelajari bahasa arab. Mufradat dapat diartikan sebagai kosakata, berupa kata-kata yang dipergunakan dalam bahasa arab. Media youtube merupakan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Dalam youtube sudah terdapat berbagai video pembelajaran menarik yang dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MI Al Huda Ciluluk pada bulan Juni 2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan melibatkan 36 siswa dengan kelas II-A sebagai kelas eksperimen dan kelas II-B sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui tes, observasi dan dokumentasi selama kegiatan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test pada kedua kelas terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat dilihat dari hasil uji mann whitney menunjukan bahwa nilai Asymp. sig. (2-tailed) .025 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengaruh media youtube dalam meningkatkan mufradat siswa fase A kelas II dapat dilihat pula dari hasil persentase perhitungan N-Gain di kelas eksperimen yaitu memperoleh hasil 72.76%, persentase tersebut menunjukan bahwa media youtube ini dapat dikategorikan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan mufradat bahasa arab siswa di kelas II MI. Dengan demikian, terdapat pengaruh dalam penggunaan media youtube terhadap meningkatkan keterampilan mufradat bahasa arab siswa fase A kelas II MI.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | media youtube; keterampilan mufradat siswa; bahasa arab; fase A; MI |
| Subjects: | Arabic Bahasa Arab Use of Other Information Media Educational Institutions, Schools and Their Activities |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Millah Faujiah |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 06:32 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 07:54 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



