Almeida, Kanizya (2025) Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SDN Cipedes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
Abstract
Kanizya Almeida, 1202090047, 2025. “Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaean Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Cipedes” (Penelitian Tindakan Kelas SDN Cipedes). Rendahnya daya ingat siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Pancasila yang ditunjukkan oleh rendahnya tingkat keberhasilan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) mengetahui daya ingat siswa sebelum diterapkan metode bernyanyi, (2) mengetahui gambaran penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan daya ingat siswa, (3) Mengetahui daya ingat siswa setelah menerapkan metode bernyanyi, (4) Menyadari bahwa siswa yang menggunakan metode bernyanyi mempunyai kemampuan daya ingat lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Sebelum menggunakan metode bernyanyi peserta didik di SDN Cipedes dari banyaknya 27 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 47 yang artinya nilai tersebut masih di bawah rata-rata. Metode Bernyanyi ini merupakan metode yang memiliki langkah-langkah (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan antusiasme belajar, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta kemampuan mereka dalam mengingat dan memahami materi. Berdasarkan hasil tersebut, metode bernyanyi dinilai efektif sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi. Kata Kunci: Metode bernyanyi, Daya ingat, Pendidikan Pancasila, siswa SD, Pembelajaran menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode bernyanyi, Daya ingat, Pendidikan Pancasila, siswa SD, Pembelajaran menyenangkan. |
| Subjects: | Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Almeida Kanizya |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:48 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:48 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



