Priambudi, Ridho Alif (2025) Analisis sistem hierarki sosial dalam anime Classroom of the Elite perspektif Machiavellianisme. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis sistem hierarki sosial dalam anime Classroom of the Elite melalui perspektif Machiavellianisme, yang menyoroti bagaimana kekuasaan, manipulasi, dan strategi digunakan sebagai alat untuk mempertahankan posisi di dalam struktur sosial yang kompetitif. Anime ini menggambarkan lingkungan sekolah elit sebagai miniatur masyarakat yang diatur oleh prinsip meritokrasi ekstrem, di mana setiap individu dituntut untuk bertindak rasional, strategis, dan sering kali tanpa mempertimbangkan moralitas demi mencapai tujuan. Melalui tokoh-tokoh seperti Ayanokoji Kiyotaka, Suzune Horikita, dan Ryuen Kakeru, terlihat bagaimana nilai-nilai Machiavellian seperti virtù, fortuna, dan kelicikan politik diimplementasikan dalam interaksi sosial dan perebutan kekuasaan. Hierarki yang terbentuk tidak hanya mencerminkan perbedaan kemampuan akademik dan sosial, tetapi juga menunjukkan cara individu memanfaatkan kecerdikan dan manipulasi psikologis untuk mengendalikan situasi. Dengan demikian, Classroom of the Elite menjadi representasi simbolik dari pemikiran Machiavelli tentang realitas kekuasaan, bahwa keberhasilan dalam sistem sosial tidak ditentukan oleh moralitas, melainkan oleh kemampuan memahami, mengatur, dan mendominasi dinamika manusia secara strategis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis dan analisis-konten. Data Primer yang digunakan adalah buku Il Prince (Sang Penguasa) dan anime Classroom of the Elite, sedangkan data sekunder yang digunakan meliputi literatur yang relevan mengenai konsep machiavellianisme dan pembahasan anime Classroom of the Elite. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi dan Observasi, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menganalisa sistem hierarki sosial dalam anime Classroom of the Elite, kemudian dianalisis menggunakan perspektif machiavellianisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem hierarki sosial dalam anime Classroom of the Elite yang di bungkus menggunakan sistem pendidikan cenderung mengarahkan kondisi sosial yang lebih kompetitif, sehingga memunculkan pemikiran yang lebih pragmatis dan manipulatif untuk mendapatkan tujuan dari hierarki tanpa memperdulikan aspek moral. Hal ini sejalan dengan pemikiran machiavellianisme dalam filsafat politiknya di buku The Prince yang menegaskan bahwa “seorang pemimpin harus belajar untuk bersikap tidak baik, jika nanti diperlukan”. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa sistem hierarki sosial yang ditampilkan dalam anime Classroom of the Elite menciptakan karakter siswa yang tidak memperdulikan moral dan manipulatif seperti machiavellianisme.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | tidak ada lampiran |
| Uncontrolled Keywords: | Hierarki Sosial; Machiavellianisme; dan Classroom of the Elite |
| Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation Philosophy and Theory of Literatures |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat |
| Depositing User: | Ridho Alif Priambudi |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:18 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 08:18 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



