Ramadi, Ridwan (2025) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiat.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen sarana dan prasarana merupakan proses pengelolaan fasilitas fisik pendidikan yang mencakup perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan, yang bertujuan menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar serta mendukung kinerja tenaga pendidik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pengelolaan sarana dan prasarana di MTsN 1 Kota Bandung yang berdampak terhadap efektivitas kinerja tenaga pendidik. Kondisi tersebut terlihat dari belum maksimalnya pemanfaatan fasilitas serta masih ditemukannya kendala dalam pengelolaan fisik sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana dilaksanakan, (2) bagaimana kinerja tenaga pendidik, (3) serta seberapa besar pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebarkan kepada 51 responden tenaga pendidik. Teknik analisis data meliputi uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas), uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel X (manajemen sarana dan prasarana) dikategorikan “Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,10, berada pada interval 3,40–4,19. Realitas variabel Y (kinerja tenaga pendidik) dikategorikan “Sangat Tinggi” dengan rata-rata 4,25. Hasil uji regresi linear sederhana memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara manajemen sarana dan prasarana terhadap kinerja tenaga pendidik. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,324 mengindikasikan bahwa manajemen sarana dan prasarana memberikan kontribusi sebesar 32,4% terhadap variasi kinerja tenaga pendidik, sementara 67,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengelolaan fasilitas pendidikan yang baik dan profesional guna menunjang produktivitas dan kualitas kerja tenaga pendidik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana; Kinerja Tenaga Pendidik |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching General Management Public Structures Architecture > Transportation and Storage Buildings |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ridwan Ramadi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 06:17 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 06:17 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



