Kusuma, Warta (2010) Model pendidikan Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami-Cileunyi-Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
Abstract
Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan agama Islam tertua di Indonesia. Ia memiliki ciri-ciri khas tersendiri yang berperan tidak hanya dalam bidang pendidikan anak tetapi jangkauannya meluas hingga masuk ke dalam segi-segi sosial, kultural, politik, ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangan pendidikan Islam hingga dewasa ini. Maka berkembang pula model-model pondok pesantren yang mewarisi dan memakai sistem pendidikan Barat dan tetap menjaga khazanah keilmuan keislaman serta sesuai apa yang disyariatkan. Berdasarkan pada fenomena tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk mengangkatnya ke dalam sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana model pendidikan yang diterapkan pada sebuah lembaga. Begitu pun Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami, diantaranya: latar belakang berdiri, pelaksanaan pendidikan, faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan, dan keberhasilan pendidikan Islam yang telah dicapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui latar belakang berdirinya pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami, mengetahui pelaksanaan pendidikan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan dan mengetahui keberhasilan pendidikan yang telah dicapai. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan tujuan agar dapat menggambarkan secara menyeluruh serta mengkaji secara terperinci setiap persoalan dalam sistem pendidikan yang ada. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara yang didasarkan pada lembar observasi, data dokumentasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Terdiri dari tiga tahapan: Pertama, unitisasi data. Kedua, kategorisasi. Ketiga, penafsiran data. Dari hasil penelitian itu dapat diambil kesimpulkan bahwa: latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami karena masyarakat Cileunyi sangat kurang dalam pemahaman dan pengetahuan keagamaan dan pembentukan MUI Jawa Barat tahun 1958 di Masjid Al-Jawami. Pelaksanaan Sistem Pendidikannya: Tujuan, Santri, Kyai/Ustadz, Kurikulum Salafi, Metode Salafi. Sarana dan prasarana, Lingkungan dan Evaluasi. Faktor Penunjang dan Penghambat: Faktor Penunjang: Santri, Ustadz, Kurikulum, Lingkungan, Waktu Belajar dan Perpustakaan. Faktor Penghambat: Tata Tertib dan Kekeluargaan. Hasil yang dicapai adalah: Kuantitatif, jumlah bangunan meningkat dan jumlah santri bertambah. Kualitatif, menghasilkan output-output yang berkualitas. Seperti: umumnya menjadi ulama-ulama di berbagai pelosok daerah di Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren; Pendidikan; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 03:48 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1263 |
Actions (login required)
View Item |