Burhanudin, Yuniarti Mil'u Sadiah (2010) Integrasi kurikulum Madrasah Aliyah dan kurikulum pondok pesantren di Pondok Pesantren Modern Miftahul Hidayah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Salah satu di antara upaya untuk menyatukan dikotomi dua sistem kurikulum pendidikan, pendidikan umum yang diwakili sekolah dan pendidikan Islam yang diwakili pesantren adalah integrasi kurikulum. Pondok Pesantren Modern Miftahul Hidayah Bendungan Tasikmalaya telah mencoba memadukan kurikulum Madrasah Aliyah dengan kurikulum Pondok Pesantren. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kelemahan-kelemahan sebagai akibat dari pemisahan mata pelajaran dan untuk memudahkan siswa memahami mata pelajaran, khususnya mata pelajaran keagamaan dan kebahasaan. Adapun integrasi kurikulum Madrasah Aliyah dan kurikulum Pondok Pesantren nampak dalam penggabungan mata pelajaran tertentu. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, konsep integrasi kurikulum MA dan kurikulum Pondok Pesantren, pelaksanaan integrasi kurikulum MA dan kurikulum Pondok Pesantren, faktor-faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat integrasi kurikulum MA dan kurikulum Pondok Pesantren, dan keberhasilan pelaksanaan integrasi kurikulum MA dan kurikulum Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Bendungan Padakembang Tasikmalaya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa sistem pendidikan pesantren adalah salah satu di antara sekian alternatif sistem pendidikan Islam yang ikut berperan dalam membina dan meningkatkan kualitas peserta didik yang berlatar belakang sistem pendidikan umum. Upaya itu semakin nyata tatkala keterlibatan pesantren memasukkan kurikulumnya ke dalam kurikulum pendidikan umum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, menyalin, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara menelaah data yang tersedia, mereduksi data, menafsirkan data, serta kesimpulan bersama. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa alasan pengintegrasian kurikulum itu berdasarkan pertimbangan teoritis dan praktis. Sementara bentuk pengintegrasian kurikulum Madrasah Aliyah dan kurikulum Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah berbentuk memadukan materi kemadrasahan ke dalam materi kepesantrenan yang keduanya dilaksanakan dengan sistem klasikal. Sejauh ini, keberhasilan yang telah dicapai oleh lembaga adalah lahirnya generasi-generasi baru yang berkualitas secara intelektual dan spiritualnya. Di samping secara akademik, meningkatnya kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Madrasah Aliyah; Kurikulum Pondok Pesantren; Integrasi Kurikulum; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 03:56 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |