Istinarissariri, Sayyidah (2025) Pembelajaran Case Study berbantuan Microsoft Mathematics untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan Self-Regulated Learning peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (158kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (345kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (509kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-regulated learning merupakan aspek penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Integrasi model pembelajaran case study dengan dukungan aplikasi Microsoft Mathematics masih sangat jarang diteliti, sehingga memberikan ruang untuk menghadirkan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model case study berbantuan Microsoft Mathematics, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-regulated learning peserta didik. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian meliputi seluruh peserta didik salah satu MAN di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2025/2026 yang terdiri dari sembilan kelas, dengan dua kelas sebagai sampel yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas tinggi. Analisis data dilakukan menggunakan uji t, uji Mann–Whitney, serta analisis deskriptif terhadap keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran case study berbantuan Microsoft Mathematics terlaksana dengan kategori baik. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh pembelajaran case study berbantuan Microsoft Mathematics lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bahwa pembelajaran case study berbantuan Microsoft Mathematics dapat diimplementasikan secara efektif apabila peserta didik telah menguasai materi prasayarat, serta dapat mendorong penguatan self-regulated learning dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Case Study; Microsoft Mathematics; Kemampuan Berpikir Kritis; Self-Regulated Learning |
| Subjects: | Mathematics Algebra Analysis, Theory of Functions > Special Functions |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Sayyidah Istinarissariri |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:01 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



