Rosyidah, Zuha Syifa (2025) Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (141kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (514kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (147kB) |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (330kB) |
|
|
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
|
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
|
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
|
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Konsep sel terintegrasi nilai keislaman berpotensi besar dalam mengembangkan keterampilan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment berbentuk non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen diperoleh persentase kinerja guru sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 93%, sedangkan kelas kontrol kinerja guru sebesar 87% dan aktivitas siswa sebesar 85%, keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Keterampilan berpikir reflektif kelas eksperimen diperoleh nilai posttest sebesar 87,69 dengan N-Gain 0,81 (tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 81,94 dengan N-Gain 0,71 (tinggi). Berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut diperkuat dengan nilai effect size sebesar 0,22 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran Course Review Horay (CRH) memperoleh kriteria baik dengan rata-rata sebesar 67%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang dapat dijadikan alternatif dalam mendukung penguatan keterampilan berpikir reflektif siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Reflektif; Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH); Sel; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman |
| Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Zuha Syifa Rosyidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:06 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:13 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



