Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman

Rosyidah, Zuha Syifa (2025) Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (514kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Konsep sel terintegrasi nilai keislaman berpotensi besar dalam mengembangkan keterampilan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment berbentuk non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen diperoleh persentase kinerja guru sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 93%, sedangkan kelas kontrol kinerja guru sebesar 87% dan aktivitas siswa sebesar 85%, keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Keterampilan berpikir reflektif kelas eksperimen diperoleh nilai posttest sebesar 87,69 dengan N-Gain 0,81 (tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 81,94 dengan N-Gain 0,71 (tinggi). Berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut diperkuat dengan nilai effect size sebesar 0,22 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran Course Review Horay (CRH) memperoleh kriteria baik dengan rata-rata sebesar 67%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi sel terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang dapat dijadikan alternatif dalam mendukung penguatan keterampilan berpikir reflektif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Reflektif; Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH); Sel; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Zuha Syifa Rosyidah
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:06
Last Modified: 10 Dec 2025 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126507

Actions (login required)

View Item View Item