Octaviani, Sarifah (2025) Pengaruh tingkatan nafs terhadap kecenderungan Impulsive Buying di Platform e-commerce Shopee: Studi kuantitatif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (52kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
1211040116 Sarifah Octaviani - Surat Keterangan Lulus Cek Plagiarisme.pdf Download (264kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
Abstract
Fenomena meningkatnya kecenderungan pembelian impulsif di kalangan dewasa awal, khususnya mahasiswa, semakin terlihat melalui aktivitas belanja online pada platform e-commerce Shopee. Kecenderungan ini seringkali dipicu oleh dorongan emosional sesaat tanpa perencanaan. Dalam perspektif tasawuf, kondisi psikologis manusia dapat dilihat melalui tingkatan nafs yang mencerminkan kendali diri dan dorongan spiritual seseorang. Namun, tidak semua individu memiliki tingkatan nafs yang sama, sehingga dapat memengaruhi kecenderungan pembelian impulsif secara berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkatan nafs terhadap kecenderungan impulsive buying pada platform e-commerce Shopee di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Populasi penelitian ini berjumlah 758, dengan sampel sebanyak 88 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Instrumen pengumpulan data terdiri dari skala tingkatan nafs yang dikembangkan berdasarkan teori Javad Nurbakhsh sebanyak 15 item dan skala kecenderungan impulsive buying berdasarkan teori Verplanken & Herabadi sebanyak 16 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan nafs pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022 berada pada nafs mulhamah dengan presentase 52,3% (46 mahasiswa). Sementara itu, kecenderungan impulsive buying mahasiswa paling banyak berada pada kategori rendah dengan persentase51,2% 48,9% (43 mahasiswa). Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi p = 0,002 (p < 0,05) dan R Square sebesar 0,102. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan antara tingkatan nafs terhadap kecenderungan impulsive buying di platform e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2022, dengan kontribusi sebesar 10,2%, sedangkan sisanya 89,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecenderungan Impulsive Buying; Mahasiswa; Shopee; Tingkatan Nafs |
| Subjects: | Psychology Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
| Depositing User: | Sarifah Octaviani |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:28 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:28 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



