Susilo, Bimo Setyo (2025) Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa tahun pertama. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (317kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (347kB) |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Mahasiswa yang baru memasuki dunia perkuliahan menghadapi masa transisi dari lingkungan sekolah ke lingkungan perguruan tinggi. Tentu saja terdapat perbedaan antara keduanya secara sistem akademik, cara pembelajaran, atau lainnya. Hal-hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan para mahasiswa tahun pertama mengalami sebuah tantangan yang umum dialami, yaitu kecemasan akademik. Kecemasan secara akademik dapat mengganggu proses perkuliahan seperti kekhawatiran, gangguan perhatian, gangguan fisiologis, dan perilaku yang tidak tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik mahasiswa yang telah menyelesaikan satu tahun pertama perkuliahan. Subjek di dalam penelitian ini adalah sebanyak 190 mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung yang telah menyelesaikan satu tahun pertama perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik mahasiswa tahun pertama. Efikasi diri dan dukungan sosial secara bersamaan berpengaruh terhadap kecemasan akademik sebesar 17%. Semakin tinggi efikasi diri dan dukungan sosial yang dimiliki mahasiswa, maka akan semakin rendah kemungkinan mahasiswa baru mengalami kecemasan di dalam menjalani aktivitas perkuliahan. ENGLISH: Students that newly entering college face a challenge: transition from a school to a university environment. There are certainly differences between the two, both in terms of academic systems, learning methods, and other aspects. These differences can potentially cause first-year students to experience a common challenge: academic anxiety. This academic anxiety can disrupt the academic process, manifesting in symptoms such as worry, attention deficit disorder, physiological disturbances, and inappropriate behavior. The purpose of this study was to determine the effect of self-efficacy and social support on academic anxiety in students who have completed their first year of college. The subjects in this study were 190 students from the Faculty of Psychology in Sunan Gunung Djati State Islamic University Bandung, who had completed their first year of college. The results showed that self-efficacy and social support influenced first-year students' academic anxiety. Self-efficacy and social support simultaneously influenced first-year students' academic anxiety by 17%. The higher the level of self-efficacy and social support, the lower the likelihood of new students experiencing anxiety during college activities.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri; dukungan sosial; kecemasan akademik; mahasiswa tahun pertama |
| Subjects: | Psychology Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
| Depositing User: | Bimo Setyo Susilo |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:12 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:12 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



