Maulina, Syifa (2025) Penerapan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbantuan Polypad untuk meningkatkan kemampuan representasi geometri dan self-efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (Keterangan Bebas Plagiarisme)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan representasi geometris sangat penting dalam membantu siswa memahami dan memvisualisasikan konsep spasial, namun hasil TIMSS menunjukkan bahwa keterampilan ini masih rendah di kalangan siswa Indonesia dan Self-Efficacy mereka dalam matematika juga cenderung lemah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) yang didukung oleh Polypad dalam meningkatkan keterampilan representasi geometris dan rasa Self-Efficacy siswa. Menggunakan metode quasi-experimental dan nonequivalent control group design pada siswa kelas VIII, data diperoleh melalui tes representasi geometris dan kuesioner kepercayaan diri, kemudian dianalisis menggunakan N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen, dan uji t berpasangan. Hasil menunjukkan bahwa model STEM yang didukung Polypad secara signifikan meningkatkan keterampilan representasi geometris dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (Sig. < 0.05), tetapi tidak secara signifikan meningkatkan Self-Efficacy siswa (Sig. > 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa Polypad efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif geometri, tetapi belum memiliki dampak langsung pada kepercayaan diri siswa, sehingga diperlukan strategi pendukung tambahan untuk memperkuat kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Geometris; Polyped; STEM; Self-Efficacy |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | syifa syifa marhali |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:29 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:29 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



