Penerapan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbantuan Polypad untuk meningkatkan kemampuan representasi geometri dan self-efficacy siswa

Maulina, Syifa (2025) Penerapan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbantuan Polypad untuk meningkatkan kemampuan representasi geometri dan self-efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keterangan Bebas Plagiarisme)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan representasi geometris sangat penting dalam membantu siswa memahami dan memvisualisasikan konsep spasial, namun hasil TIMSS menunjukkan bahwa keterampilan ini masih rendah di kalangan siswa Indonesia dan Self-Efficacy mereka dalam matematika juga cenderung lemah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) yang didukung oleh Polypad dalam meningkatkan keterampilan representasi geometris dan rasa Self-Efficacy siswa. Menggunakan metode quasi-experimental dan nonequivalent control group design pada siswa kelas VIII, data diperoleh melalui tes representasi geometris dan kuesioner kepercayaan diri, kemudian dianalisis menggunakan N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen, dan uji t berpasangan. Hasil menunjukkan bahwa model STEM yang didukung Polypad secara signifikan meningkatkan keterampilan representasi geometris dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (Sig. < 0.05), tetapi tidak secara signifikan meningkatkan Self-Efficacy siswa (Sig. > 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa Polypad efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif geometri, tetapi belum memiliki dampak langsung pada kepercayaan diri siswa, sehingga diperlukan strategi pendukung tambahan untuk memperkuat kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Geometris; Polyped; STEM; Self-Efficacy
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: syifa syifa marhali
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:29
Last Modified: 12 Dec 2025 08:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126632

Actions (login required)

View Item View Item