Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar

Aulia, Tiara (2025) Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (17).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan mengenai materi aljabar dan penelitian terdahulu menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan peserta didik, angket kemandirian belajar melalui google forms dan lembar soal pretest dan posttest. Soal pretest dan posttest terlebih dahulu diujicobakan pada kelas IX yang terdiri dari soal paket A dan soal paket B diperoleh seluruh soal paket A valid dan 1 soal paket B tidak valid serta kedua paket soal reliabel. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji t-independent dan uji Analysis of Varians (ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran ICI memiliki kategori sangat baik, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran model ICI dan yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ICI dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Pihak sekolah diharapkan meninjau kembali penjadwalan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat beban kognitif dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperhatikan keragaman tingkat kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Interactive Conceptual Instruction (ICI); Kemandirian Belajar
Subjects: Christianity > Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tiara Aulia
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:06
Last Modified: 17 Dec 2025 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126715

Actions (login required)

View Item View Item