Penerapan pendekatan Deep Learning berbantuan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ditinjau berdasarkan self appraisal

Rachman, Febrin Azhari (2025) Penerapan pendekatan Deep Learning berbantuan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ditinjau berdasarkan self appraisal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PLAGIARISME)
3_Plagiarisme.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan Self Appraisal merupakan kompetensi esensial yang menentukan keberhasilan siswa dalam menguasai konsep-konsep matematika secara mendalam. Penerapan model pembelajaran yang tepat, termasuk integrasi teknologi, diyakini mampu mendorong peningkatan kedua kompetensi tersebut. Namun, di lapangan, banyak siswa masih mengalami kesulitan mengkomunikasikan konsep secara mendalam dan kurang memiliki kegigihan, yang berdampak pada rendahnya capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mataematis dan Self Appraisal siswa melalui pembelajaran pendekatan deep learnng berbantuan aplikasi Graspable Math . Metode penelitian yang digunakan adalah convergent parallel design creswell pada siswa kelas XI SMA Swasta di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan komunikasi matematis, angket Self Appraisal, dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan deep learnng berbantuan aplikasi Graspable Math ini efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Appraisal siswa. Pendekatan Deep learning berbantuan aplikasi Graspable Math, efektif mampu memfasilitasi proses berpikir mendalam, adaftif dalam soal non rutin, dan kolaboratif serta reflektif selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; self appraisal; Deep learning; aplikasi graspable math
Subjects: Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Febrin Azhari Rachman
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:34
Last Modified: 17 Dec 2025 03:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126750

Actions (login required)

View Item View Item