Penerapan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan Self-Efficay matematis siswa : Quasi experiment di SMP Plus Intan Al-Sali

Pratami, Amelia Yundia (2025) Penerapan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan Self-Efficay matematis siswa : Quasi experiment di SMP Plus Intan Al-Sali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot!; (2) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional; (3) Perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah; (4) Peningkatan self efficacy terhadap siswa yang menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Plus Intan Al-Sali sebanyak 38 orang. Adapun hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan dalam penelitian ini diantaranya, (1) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! menunjukkan hasil yang sangat baik pada setiap pertemuan. Setiap indikator pembelajaran menunjukkan skor pada kategori baik hingga sangat baik; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! dan siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional; (3) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot! dan siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) yang kategorinya tinggi, sedang, rendah; (4) Terdapat peningkatan self-efficacy matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Fan-N-Pick berbantuan aplikasi Kahoot!.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fan-N-Pick; Kemampuan Pemahaman Matematis; Self-Efficacy
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Amelia Yundia Pratami
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:09
Last Modified: 17 Dec 2025 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126796

Actions (login required)

View Item View Item