Pengaruh model pembelajaran Scaffolding dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajar IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Dimyati Kota Bandung

Nour, Allmy Aliviyya (2025) Pengaruh model pembelajaran Scaffolding dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajar IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Dimyati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Allmy Aliviyya Syaharan Nour.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta di MI Ad-Dimyati Kota Bandung. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menganalisis, mengevaluasi argumen, serta menarik kesimpulan secara logis. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional yang dominan belum optimal mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Ad- Dimyati Kota Bandung. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori Vygotsky mengenai Zone of Proximal Development (ZPD), yang menekankan pemberian bantuan secara bertahap sehingga siswa dapat belajar lebih mandiri. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penerapan model pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran scaffolding dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional (direct instruction). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scaffolding berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta di kelas V MI Ad-Dimyati Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Pembelajaran IPA; Scaffolding; Sekolah dasar
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Allmy Aliviyya Nour
Date Deposited: 18 Dec 2025 07:08
Last Modified: 18 Dec 2025 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126820

Actions (login required)

View Item View Item