Jamilah, Nuriah (2018) Perbandingan penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital dan manual berbasis REACT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi getaran harmonis: penelitian kuasi eksperimen di kelas X MIPA MAN 3 Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik pada perkembangan abad 21. Berdasarkan studi pendahuluan di MAN 3 Cianjur kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah. Alternatif yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan LKPD digital dan manual berbasis REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbandingan kemampuan pemecahan masalah pada kelas yang menggunakan LKPD digital dan kelas yang menggunakan LKPD manual. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent multiple group design. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yang berjumlah 60 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata setiap pertemuannya terkategorikan baik. Hasil uji hipotesis data posttest menunjukkan bahwa nilai signifikansi (thitung) = 0,807 > α = 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang belajar menggunakan LKPD digital berbasis REACT dengan yang menggunakan LKPD manual berbasis REACT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan abad 21; Media Digital; Media Manual |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nuriah Jamilah |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13079 |
Actions (login required)
View Item |