Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2007-2016

Mar'ati, Suci (2018) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan utama, yaitu memperoleh laba. Return On assets (ROA) merupakan salah satu rasio yang menjadi tolak ukur kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dari total asset yang dimiliki. Return On assets juga digunakan investor untuk mengukur sejauh mana perusahaan menghasilkan laba untuk dibagikan dalam bentuk dividen. Kenaikan dan penurunan ROA salah satunya dipengaruhi oleh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER), dimana CR adalah rasio lancar yang membandingkan antara aset lancar dengan hutang lancar. Sedangkan DER merupakan rasio hutang yang membandingkan antara seluruh total hutang dibandingkan dengan total modal sendiri. Semakin rendah CR dan DER, maka semakin tinggi ROA suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa;1) Pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, 2) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dan 3) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan publikasi PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2007-2016. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f) dan analasis uji T test. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dan microsoft excel sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial CR bengaruh namun tidak signifikan terhadap ROA di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan nilai 25,3% atau 0,253. DER secara parsial terhadap ROA tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai 0,1% atau sebesar 0,001. Sementara CR dan DER secara simultan terhadap ROA berpengaruh sebesar 26,4% atau 0,264. Sedangkan sisanya sebesar 73,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil akhir perolehan f_hitung adalah sebesar 1,252 berdasarkan pada f_tabel sebesar 4,74. f_hitung≤f_tabel (1,252≤4,74), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh namun tidak signifikan antara Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt To Equity Ratio (DER); Return On Assets (ROA)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Suci Mar'ati
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:32
Last Modified: 07 Sep 2018 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item View Item