Nurfitri, Nurfitri (2015) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo hubungannya dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari: penelitian di SMP Al-Islam Cilengkrang I, Cisurupan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.Cover Skripsi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Al-Islam Cilengkrang kelas VII, tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo baik, hal ini terlihat dari sikap siswa saat melihat tayangan animasi Syamil dan Dodo, namun pada kenyataannya akhlak sehari-hari mereka kurang baik, hal ini dilihat dari cara berbicara mereka yang kasar dan kurang sopan baik kepada teman maupun guru, serta membuang sampah sembarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa kelas VII terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo, realitas akhlak sehari-hari siswa dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak sehari-hari siswa dapat dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo. Sejalan dengan hal itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo maka semakin baik pula akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari, sebaliknya semakin rendah tanggapan siswa tehadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo maka semakin rendah pula akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpul datanya menggunakan angket sebagai teknik inti, serta observasi dan wawancara sebagai teknik pendukung. Penyebaran angket ini dilakukan pada 50 orang siswa kelas VII SMP Al-Islam Cilengkrang. Pengolahan data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo menerima dengan perolehan rata-rata sebesar 3,86 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan kualifikasi sangat tinggi dengan perolehan rata-rata sebesar 4,51 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. Hasil analisis kedua variabel diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,42 yang termasuk kategori korelasi cukup/sedang yang berada pada interval 0,40 – 0,599. Dari hasil pengujian hipotesis nol (Ho) ditolak karena diperoleh harga thitung = 3,20 dan ttabel = 1,68. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media animasi film Syamil dan Dodo dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi; Syamil dan Dodo; Akhlaq; SMP Al-Islam Cilengkrang I; |
Subjects: | Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 05:02 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 05:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13841 |
Actions (login required)
View Item |