Khaerunnisa, Anis (2018) "Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap motivasi Shalat Dhuha Berjamaah di Kelas VIII SMPN 17 Kota Bandung". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini latar belakangi oleh masalah pada siswa yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara optimal, dan shalat dhuha berjamaah dapat menjadi timbulnya motivasi terhadap Siswa. Bahwa yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, tidak hanya melaksanakan shalat berjamaah, namun dari segi jam kedatangan siswa setiap pagi di sekolah. Pengaruh shalat khususnya shalat dhuha yang dikerjakan secara rutin pada hari jum’at akan membawa pengaruh terhadap motivasi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak didik. Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menerapkan shalat berjamaah dilingkungan sekolah, khususnya shalat dhuha dhuha diharapkan memberikan dorongan atau motivasi untuk memperbaiki ke arah yang lebih baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) reabilitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) reabilitas motivasi shalat dhuha berjamaah, (3) reabilitas pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi shalat dhuha berjamaah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa yang menyatakan bahwa semakin tinggi hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka semakin tinggi pula motivasi shalat dhuha berjamaah mereka. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, penulis mengadakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah pendekatan statistik korelasional, penyebaran angket ditujukan kepada 63 orang responden sebagai total. Berdasarkan analisis hasil penelitian data ini menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh pembelajaran PAI termasuk kategori tinggi (Skor 4,2) yang berada di interval 3,5- 4,5. 2) Shalat Dhuha Berjamaah ternasuk kategori tinggi ( Skor 3,8) yang berada di interval 3,5- 4,5. 3) Sedangkan hubungan antara keduanya adalah Hubungan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi shalat dhuha berjamaah adalah (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sangat tinggi (0,621); (b) Hipotesisnya diterima berdasarkan thitung (6,186) > ttabel (1,999), artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara keduanya. Semakin tinggi hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka semakin tinggi pula motivasi shalat dhuha berjamaah mereka; (c) kadar pengaruhnya sebesar 38,56% artinya masih terdapat 61,44% faktor lain yang mempengaruhi motivasi shalat dhuha berjamaah mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pembelajaran PAI; motivasi; shalat dhuha berjamaah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | anis khaerunnisa |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13932 |
Actions (login required)
View Item |