Wahyuni, Rani (2018) Penerapan metode Socrates berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 2 Cileunyi. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi adalah dengan menerapkan metode Socrates berbasis karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode Socrates berbasis karakter berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode Socrates berbasis karakter dengan model konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode Socrates berbasis karakter dengan model konvensinal berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Siswa memberikan karakter yang positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates berbasis karakter. (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama. Pembelajaran Socrates berbasis karakter melibatkan proses interaksi, temuan, adu gagasan, dan proses reflektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Socrates Berbasis Karakter; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rani Wahyuni |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 06:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |