Lisnandari, Lisnandari (2018) Manajemen rekrutmen tenaga pendidik: penelitian deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Inaayah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan peneliti di lokasi penelitian yang menunjukan bahwa Madrasah Aliyah Al-Inaayah dalam melakukan proses rekrutmen tidak sesuai dengan kebutuhan Madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi objektif Madrasah Aliyah Al-Inaayah Pakenjeng Garut, perencanaan rekrutmen tenaga pendidik, pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik, pengawasan pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik, evaluasi rekrutmen tenaga pendidik, faktor pendukung dan penghambat rekrutmen tenaga pendidik dan hasil rekrutmen tenaga pendidik. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai rekrutmen tenaga pendidik menurut Siti Tsuwaibah (2010 : 1) bahwa proses rekrutmen merupakan hal yang sangat penting agar diperoleh hasil rekrutmen yang efektif. Rekrutmen yang dilakukan haruslah sesuai dengan kebutuhan sekolah dan persyaratan yang ditentukan oleh sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah unisitasi data, kategori data, penafsiran data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berbeda dengan hasil penelitian studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Januari 2018, hasil penelitian lapangan yang dilakukan dari bulan Juni 2018, menunjukan bahwa Madrasah Aliyah Al-Inaayah telah melakukan perekrutan sesuai dengan kebutuhan yaitu melalui proses: (1) perencanaan yang matang yang dilakukan oleh panitia rekrutmen tenaga pendidik; (2) pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik yang dilaksanakan oleh panitia rekrutmen; (3) pengawasan yang efektif dan kondusif yang dilakukan oleh petugas pengawas rekrutmen tenaga pendidik; (4) evaluasi rekrutmen tenaga pendidik oleh ketua panitia rekrutmen dengan memeriksa kembali persyaratan peserta pelamar; (5) faktor pendukung proses rekrutmen: tenaga pendidik menjadi pengawas untuk memastikan proses rekrutmen berjalan dengan baik, lingkungan sekolah yang nyaman, letak gedung yang dekat jalan raya sehingga mudah dijangkau oleh tenaga pendidik dan peserta didik, sementara faktor penghambatnya adalah: lingkungan sekolah merupakan kawasan pendidikan sehingga persaingan antara sekolah dalam pencarian peserta didik atau tenaga pendidik sangat ketat, letak gedung kurang memadai yaitu kurangnya jumlah ruangan sehingga proses kegiatan rekrutmen menggunakan ruangan kelas; (6) hasil dari proses rekrutmen secara kuantitatif: pencapaian rekrutmen yang dilaksanakan Madrasah Aliyah Al-Inaayah mencapai 23 tenaga pendidik, dan secara kualitatif: rekrutmen tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan Madrasah Aliyah Al-Inaayah; yaitu mendapatkan tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Rekrutmen; Tenaga Pendidik; Madrasah Aliyah Al-Inaayah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lisnandari Lisnandari |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:24 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14114 |
Actions (login required)
View Item |