Burhanudin, Ramlan (2015) Penerapan model pembelajaran content context connection researching reasoning reflecting (3C3R) untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari:penelitian kelas terhadap siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.
|
Text (COVER)
1.CAPER SKRIPSI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Konsep koloid merupakan salah satu materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Model 3C3R merupakan model belajar dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalaman nyata. Keterampilan generik sains perlu dikembangkan sebagai wahana penemuan dan pengembangan konsep, prinsip dan teori dalam memahami konsep koloid. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas siswa, mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan LKS dan mengetahui keterampilan generik sains siswa setelah pembelajaran dengan model 3C3R pada konsep koloid. Metode yang digunakan yaitu penelitian kelas dengan subjek siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, LKS, tes evaluasi KGS. Hasil rata-rata aktivitas siswa sangat baik dengan nila persentase 96%,. Kemampuan siswa mengerjakan LKS dengan nilai rata-rata paling tinggi adalah kelompok 2 sebesar 97,33 dan paling rendah adalah kelompok 2 sebesar 82,11. Keterampilan generik sains siswa pada indikator pengamatan langsung, inferensi logika dan membangun konsep berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 88, 82 dan 81, sedangkan indikator kesadaran tentang skala besaran, pemodelan dengan rata-rata 75, dan 71, berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model 3C3R pada pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan generik sains siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model 3C3Rp; Keterampilan Generik Sains; Konsep Koloid; |
Subjects: | Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 18:35 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 18:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14202 |
Actions (login required)
View Item |