Komalasari, Dede (2018) Pengembangan soal berpikir tingkat tinggi pada pokok bahasan Statistika kelas VIII di sekolah menengah pertama:Penelitian pengembangan di SMP Negeri 8 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa khususnya kelas VIII yang tidak terbiasa dalam mengerjakan soal berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills), khususnya pada materi statistika. Oleh karena itu, pengembangan soal berfikir tingkat tinggi menjadi salah satu alternatif solusi dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) proses pengembangan soal berfikir tingkat tinggi; (b) bentuk soal berfikir tingkat tinggi yang akuntabel; (c) respon siswa terhadap soal berfikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development), yang diujikan sebanyak dua kali, pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan di SMP Negeri 8 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) proses pengembangan soal pada penelitian ini menggunakan 10 tahapan pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi oleh Sugiyono; (b) Berdasarkan hasil yang diperoleh pada saat pengembangan dan uji coba soal, dihasilkan 15 butir soal yang sesuai dengan syarat kelayakan oleh para ahli dan kriteria yang telah ditetapkan yaitu kevalidan soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda setiap butir soal yang secara keseluruhan baik. dan; (c) respon siswa secara keseluruhan terhadap soal berpikir tingkat tinggi baik. Terimplikasi grand teori Borg and Gall, dan Bloom sehingga pengembangan soal statistika pada kelas VIII efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan; Soal Berfikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | Applied mathematics > Statistical Mathematics General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 03:51 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14356 |
Actions (login required)
View Item |