Ruslanuddin, Ruslanuddin (2014) Model pembelajaran formulate share listen create (FSLC) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan yang sangat essensial untuk kehidupan, pekerjaan dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan lainnya. Oleh karena itu, keterampilan berpikir kritis perlu dikuasai peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 2 Cikarang Utara, nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pelajaran fisika masih tergolong rendah. Pembelajaran yang monoton membuat peserta didik cenderung lebih banyak diam dan kebingungan, sehingga proses berpikir kritis peserta didik menjadi kurang berkembang. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran FSLC pada materi fluida statis dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Cikarang Utara, kemudian sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh yaitu populasi yang berjumlah 25 orang dijadikan sampel. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, kemudian data keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui tes uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuannya dengan rata-rata 90,52% yang termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis dengan peningkatan sebesar 0,6 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formulate Share Listen Create (FSLC); keterampilan berpikir kritis; fluida statis |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Theories and Mathematical Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 02:46 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14422 |
Actions (login required)
View Item |