Haritsah, Saihah (2018) Pengaruh pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) berbasis metakognitif terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan habits of mind matematis siswa: penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMPN 49 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan penalaran dan sikap kebiasaan berpikir matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Collaborative Problem Solving berbasis metakognitif dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 49 Bandung dengan teknik Purposive Sampling. Kelas pertama (VIII-4) sebagai kelas kontrol dan kelas kedua (VIII-6) sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving berbasis metakognitif. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen berupa soal-soal tes kemampuan penalaran dan angket sikap kebiasaan berpikir matematis dianalisis secara kuantitatif. Data sebelum dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas dilanjutkan uji-t. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Collaborative Problem Solving berbasis metakognitif dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (b) Terdapat perbedaan peningkatan sikap kebiasaan berpikir matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Collaborative Problem Solving berbasis metakognitif dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (c) Solusi terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis adalah sebaiknya siswa lebih sering mengerjakan latihan soal cerita yang bervariasi dengan menekankan pada penggunaan langkah-langkah penyelesaian soal cerita agar siswa lebih terlatih dalam mengerjakan soal cerita dan lebih sistematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Collaborative Problem Solving berbasis metakognitif;kemampuan penalaran;kebiasaan berpikir matematis; |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Algebra > Groups and Groups Theory Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Saihah Haritsah |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14435 |
Actions (login required)
View Item |